..Spesialis Pengelasan Besi dan Stainless Samarinda

Selasa, 10 Januari 2012

Pagar Rumah Minimalis


Beberapa tahun terakhir memang lagi ngetrend rancangan rumah minimalis. Tentunya pemilihan untuk acecoris rumah baik  interior maupun eksterior harus disesuaikan dengan bentuk rancangan rumah agar terkesan klop/nyambung. Untuk assesoris eksterior seperti pagar,kanopi dan balkon teras haruslah memilih jenis desain yang minimalis juga Karena bila salah memilih desain pagar , bukannya menambah keindahan, akan tetapi justru akan mengurangi keindahannya karena tidak sesuai dengan konsep awal dari rumah tersebut.
Disamping itu harus menyesuaikan kebutuhan anda baik dari segi keamanan/kekuatan, keawetan dan keindahannya. Tentunya pemilihan bahan sangat penting, baik bahan baku atau kwalitas pengecatannya.


Pemilihan Bahan Pagar.

Ada banyak pilihan bahan yang dapat digunakan untuk membuat pagar minimalis. Karena tema yang diusung adalah minimalis maka bahan yang lazim adalah besi yang polos tanpa motif. Dalam hal ini dapat menggunakan besi/pipa bulat, persegi panjang / kotak/hollow, siku, Cnp dll. Namun yang banyak lagi trending  dalam beberapa tahun terakhir adalah jenis bahan besi kotak/hollow dan persegi panjang karena merupakan model terbaru dari jenis besi yang ada.

-Jenis pipa hollow.

Adapun jenis pipa kotak/hollow ada 2 macam yaitu pipa hollow hitam dan pipa hollow putih/galvanis. Keduanya mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing. Kelebihan  yang menonjol dari pipa hollow hitam adalah jenis pipa ini lebih lengket terhadap cat (asalkan tehnik pengecatannya  benar) Adapun kekurangannya adalah tidak  tahan terhadap kelembaban/air hujan dan mudah keropos apalagi pengecatannya yang asal-asalan .Meskipun bagian luarnya dicat dengan bagus biasannya akan mengalami kerusakan/korosi dari dalam pipa. Akan lebih tahan lama apabila bahan ini dipakai untuk interior.
Pipa hollow putih/galvanis adalah jenis pipa hitam yang dilapisi seng(zn) bagian luar dan dalam pipa yang fungsinya melindungi dari korosi air terhadap pipa, sehingga bahan ini bagus dipakai untuk eksterior. Namun di sisi lain pipa ini kurang lengket terhadap cat, karena terdiri dari dua unsur logam yang berbeda tingkat muai/susutnya yaitu besi dan seng, oleh karena itu berpengaruh terhadap daya lengket cat sehingga kadang-kadang catnya terlihat pecah dan mengelupas.Tetapi walaupun catnya mengelupas  biasanya tidak mudah berkarat.


-Ukuran pipa hollow.

Ukuran pipa hollow :
.20x20             .20x40
.30x30             .30x50
.40x40             .40x60
.50x50             .60x60
Semua ukuran di atas dalam milimeter(mm) dan masih banyak ukuran lain, namun kami hanya menampilkan ukuran umum untuk bahan pagar saja. Untuk ukuran pipa sebagai bahan pagar minimal yang layak digunakan adalah 40x40 sebagai frame/rangka dan 20x20/20x40 untuk jari-jari/jerujinya. Penggunaan ukuran dibawah ukuran tersebut kurang bagus baik dari segi estetika ataupun kekuatan sebuah pagar minimalis.

-Ketebalan pipa hollow.

Ada bermacam-macam ketebalan pipa hollow yang lazim dipakai untuk pembuatan pagar minimalis. Mulai dari 0,6 - 0,7- 0,8- 1,0-1,2-1,5-2,0-3,0(milimeter). Sebenarnya  minimal ketebalan yang layak untuk bahan pagar adalah 1,0 mm, namun karena persaingan harga dipasaran ada juga yang menggunakan ketebalan dibawahnya.
Jadi misalnya anda sudah memasang pagar rumah dan mendapatkan harga pagar 300 ribu/m2nya, sedangkan tetangga samping anda baru pasang pagar dengan harga 400 ribu/m2nya, jangan buru-buru-buru menyimpulkan bahwa anda mendapatkan harga yang lebih murah. Bisa jadi memang spesifikasi bahan yang digunakan&kwalitas pengecatannya   berbeda alias 'serupa tapi tak sama'.

Tips dan promo

Ada beberapa tips yang bisa anda pertimbangkan  sebelum memesan pagar  yang sesuai dengan keinginan anda:

*percayakan pada suplier  yang memang telah anda percaya atau yang sudah menjadi langganan anda.
*mintalah referensi saudara,teman kantor atau tetangga yang sudah pernah menggunakan jasa suplier  dalam memesan pagar mereka dan hasilnya memang memuaskan.
*apabila anda tidak ada pilihan diatas maka carilah suplier didekat rumah anda, sehingga anda lebih mudah mengontrol pada saat proses produksi  ketika pulang dari kantor atau hari libur . Apakah benar bahan yang digunakan sesuai spek yang anda minta.Dan apa benar tehnik pengerjaanya seperti yang ditawarkan.
*Atau percayakan kepada kami Bengkel las " BANGKIT JAYA "yang telah berpengalaman selama 17 tahun dalam pembuatan pagar. Kami memberikan garansi servis/layanan purna-jual sampai satu tahun dengan syarat dan ketentuan diawal pemesanan.

Sekian dulu postingan kali ini, dan nantikan postiingan selanjutnya tentang berbagai masalah seputar properti rumah anda,  semoga bermanfaat.


Konsultasi ataupun tanya-tanya harga...
Silahkan kontak kami via Tlp/WA : 0852 3010 6305.